BAB 7
PEMASARAN
PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
■ Pengertian Pemasaran
Pada saat ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha. Istilah pemasaran ini diartikan dengan beberapa istilah, seperti : penjualan, perdagangan dan distribusi. Jadi pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang :
1. Penjualan
2. Perdagangan
3. Distribusi
■ Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Selain pemasaran, kegiatan yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :
• Produksi yang membuat barang-barang
• Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut
Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan. Perusahaan dapat menciptakan lima macam faedah, yakni :
1. Faedah bentuk
2. Faedah waktu
3. Faedah tempat
4. Faedah Milik
5. Faedah Informasi
■ Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran (markerting concept) adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
■ Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu :
1. Pendekatan serba fungsi (functional approach), fungsi pokok pemasarannya adalah :
• Penjualan
• Pembelian
• Pengangkutan
• Penyimpanan
• Pembelanjaan
• Penanggungan Risiko
• Standarisasi dan Grading
• Pengumpulan Informasi Pasar
2. Pendekatan serba lembaga (institutional approach), kegiatan pemasarannya adalah :
• Penyedia bahan atau supplier
• Produsen
• Perantara pedagang
• Perantara agen
• Perusahaan saingan
• Pembeli akhir
3. Pendekatan serba barang (commodity approach)
disebut juga pendekatan organisasi industri, merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.
4. Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang di ambil.
5. Pendekatan serba sistem (total system approach)
Disebut juga pendektan system total ini mencakup elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran, termasuk keempat pendekatan dimuka. Oleh karena itu pendekatan system total tersebut banyak dipakai dalam buku-buku tentang pemasaran.
STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Sebagai salah satu fungsi pokok dalam perusahaan, pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan. Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan ke dalam dua sub bagian, yaitu :
• Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang.
• Sub bagian penjualan umum.
PASAR
■ Pengertian Pasar
Adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya. Dari definisi tersebut dapatlah diketahui adanya tiga unsur penting yang terdapat dalam pasar, yakni :
• Orang dengan segala keinginannya
• Daya beli mereka
• Kemauan untuk membelanjakan uangnya.
■ Macam-macam Pasar
Dikelompokan ke dalam 4 golongan, yaitu :
• Pasar Konsumen
• Pasar Industri
• Pasar Penjual
• Pasar Pemerintah
■ Segmentasi Pasar
Adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.
MARKETING MIX DAN PRODUK
■ Pengertian Marketing Mix
Adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan system distribusi.
■ Pengertian Barang
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
■ Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
• Barang Tahan Lama
• Barang Tidak Tahan Lama
• Jasa
■ Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
1. Barang Konsumsi
• Barang Konvenien
• Barang Shopping
• Barang Spesial
2. Barang Industri
• Bahan Baku
• Komponen dan Barang setengah jadi
• Perlengkapan Operasi
• Instalasi
• Peralatan Ekstra
■ Siklus Kehidupan Barang (Product Life Cycle)
Siklus kehidupan barang terdiri atas lima tahap yang berbeda, yaitu :
1. Tahap Perkenalan
2. Tahap Pertumbuhan
3. Tahap Kedewasaan dan Kejenuhan
4. Tahap Kemunduran
■ Merk
Adalah suatu nama, istilah simbul, atau disain (rancangan), atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.
SALURAN PEMASARAN
■ Pengertian Saluran Distribusi
Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri. Adapun lembaga-lembaga yang ikut mengambil bagian dalam penyaluran barang ini adalah :
• Produsen
• Perantara
• Konsumen Akhir atau Pemakai Industri
■ Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
Perantara adalah individu lembaga bisnis yang beroperasi diantara produsen dan konsumen atau pembeli industri. Adapun macam-macam perantara yang ada adalah :
• Pedagang Besar
• Pengecer
• Agen
■ Saluran Distribusi Ganda
Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam peilihan saluran distribusi. Factor-faktor tersebut antara lain :
1. Jenis barang yang dipasarkan
2. Produsen yang menghasilkan produknya
3. Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. Pasar yang dituju
■ Perantara Saluran
Dalam oprasinya perantara saluran melaksanakan berbagai macam funsi pemasaran, seperti : penyimpanan, pengangkutan dan sebagainya.
■ Pedagang Besar
Dikelompokan menjadi dua, yaitu :
1. Pedagang besar dengan fungsi penuh, yaitu pedagang besar yang melakasakan seluruh fungsi pemasaran.
2. Pedagang besar dengan fungsi terbatas, yaitu pedagang besar yang hanya melaksanakan satu atau beberapa fungsi pemasaran.
■ Pengecer
Jenis-jenis pengecer :
• General merchandise store
• Single-line store
• Specialty store
■ Agen
Jenis-jenis yang ada, antara lain :
1. Agen Penjualan
2. Agen Pembelian
3. Agen Pengangkutan
■ Jumlah Perantara dalam Saluran
1. Distribusi Intensif
2. Distribusi Selektif
3. Distribusi Eksklusif
■ Distribusi Fisik
1. Pengangkutan
2. Penyimpanan
PENENTU HARGA
■ Arti dan Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya
■ Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
Dipengaruhi oleh beberapa factor :
1. Keadaan Perkonomian
2. Penawaran dan Permintaan
3. Elastisitas Permintaan
4. Persaingan
5. Biaya
6. Tujuan Perusahaan
7. Pengawasan Pemerintah
■ Metode-metode Penetapan Harga
1. Penetapan Harga Biaya Plus
BIAYA TOTAL + MARJIN = HARGA JUAL
2. Penetapan Harga Mark-Up
HARGA BELI + MARK UP = HARGA JUAL
3. Penetapan Harga Break-even
BIAYA TOTAL = BIAYA TETAP + BIAYA VARIABEL
4. Penetapan Harga dalam Hubungannya dengan Pasar
■ Politik Penetapan Harga
• Penetapan Harga Psikologis
• Price Lining
• Potongan Harga
• Penetapan Harga Geografis
PROMOSI DAN PERIKLANAN
■ Promosi
Dipandang sebagai :
Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Kegiatannya :
• Periklanan
• Personal Selling
• Promosi Penjualan
• Publisitas dan Hubungan Masyarakat
■ Periklanan
Adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perisahan, lembaga non-laba, serta individu-individu. Permasalahan periklanan :
• Tujuan Periklanan
• Jenis Periklanan
• Media Periklanan
• Biro Periklanan
PESONAL SELLING, PROMOSI PENJUALAN DAN PUBLISITAS
■ Pesonal Selling
Adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
■ Promosi Penjualan
Merupakan satu kegiatan dalam promsi. Dalam promosi penjualan ini perusahaan menggunakan alat-alat seperti : peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah, contoh barang dll.
■ Publisitas
Merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media. Namu informasi yang tercantum tidak berupa iklan tetapi berupa berita. Hal ini dapat kita jumpai pada media-media seperti surat kabar, majalah, televisi dll.
Sumber : BASU SWASTHA & IBNU SUKOTJO (Pengantar Bisnis Modern)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar